Jumat, 18 Maret 2011

Al Jayyani


Jayyani
Sedikit yang diketahui tentang Riwayat Al Jayyani. Bahkan identifikasi al-Jayyani ahli matematika dengan al-Jayyani sarjana Spanyol yang lahir di Cordoba pada tahun 989 tidak mutlak tertentu. Semuanya menunjukkan identifikasi yang benar kecuali satu (mungkin) masalah.
Para sarjana Spanyol yang lahir di Cordoba memiliki nama yang sama persis seperti matematika, dan sarjana Spanyol digambarkan sebagai ahli dalam Al Qur'an, juga pengetahuan dalam bahasa Arab filologi, hukum waris dan aritmatika. Al-Jayyani, matematikawan, diuraikan sebagai hakim dan ahli hukum di salah satu risalah-Nya.Satu-satunya masalah mungkin untuk identifikasi adalah bahwa al-Jayyani menulis sebuah risalah pada gerhana matahari total yang terjadi di Jaén pada 1 Juli 1079.Identifikasi berarti bahwa ia lebih dari sembilan puluh tahun ketika ia menulis risalah ini yang, meski tentu tidak mustahil, melemparkan keraguan sedikit.
Satu-satunya fakta lain diketahui tentang kehidupan al-Jayyani adalah bahwa ia tinggal di Kairo 1012-1017 dan bahwa ia harus telah melakukan sebagian besar pekerjaan di Jaén, kota di pusat kerajaan Moor dari Jayyan. Hal ini tidak hanya bisa disimpulkan dari namanya "al-Jayyani" yang berarti "dari Jaén", tetapi juga dari fakta bahwa tabel astronomi yang ia dihasilkan adalah untuk bujur dari Jaén. Tentu saja ia mengamati gerhana matahari di Jaén di 1079.
-Jayyani pekerjaan Al Pada rasio hampir pasti karyanya yang paling matematika menarik. Sebuah terjemahan bahasa Inggris dari risalah ini luar biasa diberikan dalam.
Dalam karya al-Jayyani menetapkan untuk mempertahankan Euclid 's Elements V. Dalam Buku Vahabzadeh menulis: -
Euclid definisi s ', dalam Buku V nya "Elements", dari proporsionalitas dari empat besaran memunculkan berbagai komentar. Dari jumlah tersebut kami telah memilih dua [satu al-Jayyani's] menjadi yang tujuannya untuk tidak mengkritik Euclid titik s 'pandang melainkan untuk membenarkannya dengan mencoba membuat eksplisit asumsi-asumsi yang mendasari Euclid s 'argumen.
Al-Jayyani menyatakan bahwa dia menulis risalah Pada rasio (lihat misalnya)
... untuk menjelaskan apa yang mungkin tidak jelas dalam buku kelima Euclid 's seperti tertulis untuk tidak puas dengan hal itu.
Ada lima besaran yang, menurut al-Jayyani, digunakan dalam geometri, nomor, garis, permukaan, sudut, dan solid. Baik Euclid maupun matematikawan Yunani yang lain akan dianggap "angka" sebagai besaran geometri, tetapi al-Jayyani kebutuhan gagasan untuk definisi tentang rasio yang mengikuti gagasan Arab nomor. Setelah asumsi bahwa setiap orang yang cerdas memiliki pemahaman dasar rasio, al-Jayyani menyimpulkan properti lebih didasarkan pada "umumnya dipahami definisi". Untuk membenarkan pendekatan, ia menulis :

Tidak ada metode untuk membuat jelas apa yang sudah jelas dengan sendirinya.
Dia kemudian menghubungkan ide rasio dengan yang diberikan oleh Euclid . Para penulis [ 1 ] menulis: -
Al-Jayyani di sini menunjukkan pemahaman yang sebanding dengan yang dari Isaac Barrow , yang lazimnya dianggap sebagai pertama yang benar-benar memahami Euclid Buku s 'V.
Karya lain yang sangat penting adalah Jayyani's Kitab al-dari busur diketahui sebuah bola, risalah pertama pada trigonometri bola. Pekerjaan, yang diterbitkan bersama dengan terjemahan Spanyol dan komentar berisi formula untuk segitiga siku-siku tangan, hukum umum sinus, dan solusi dari sebuah segitiga bola dengan menggunakan segitiga polar. Bukti kadang-kadang hanya diberikan sebagai sketsa. Debarnot, dalam tinjauannya tentang, tetapi berpendapat bahwa Villuendas: 
... dalam komentarnya ... gagal untuk mengambil keaslian Penentuan besaran cukup ke rekening.
Al-Jayyani adalah untuk memiliki pengaruh yang kuat pada matematika Eropa. Selain karya terjemahan dari bahasa Arab, karyanya dipengaruhi matematikawan Eropa tertentu. Artikel menyatakan bahwa salah satu Regiomontanus sumber adalah Kitab busur diketahui sebuah bola dan. Di antara persamaan al-Jayyani di antara risalah yang dari Regiomontanus adalah definisi rasio sebagai nomor, kurangnya fungsi tangen, dan mirip metode pemecahan segitiga bola ketika semua pihak tidak diketahui.
Namun, penulis menyatakan bahwa ada beberapa perbedaan ditandai dalam pendekatan antara al-Jayyani dan Regiomontanus , seperti bukti hukum tanda bulat.Meskipun yakin bahwa Regiomontanus berdasarkan risalah-Nya pada Arab bekerja pada trigonometri bola dengan baik mungkin itu-Jayyani pekerjaan al hanya salah satu dari banyak sumber tersebut.
Artikel menjelaskan risalah Kitab al-asrar fi al-Afkar nata'ij (Kitab rahasia mengenai hasil dari pikiran), dikaitkan dengan al-Jayyani berdasarkan bukti internal bersama dengan kurmanya. Studi Pekerjaan hidrolika dan jam air.
Bekerja dengan al-Jayyani mengenai astronomi juga penting. Dia menulis pada pagi dan sore senja, menghitung nilai yang cukup akurat dari 18 ° untuk sudut matahari di bawah horizon di pagi hari mulai senja dan pada akhir malam senja.
Dalam Tabulae Jahen al-Jayyani memberikan data untuk memungkinkan perhitungan waktu, kalender, bulan baru, gerhana dan informasi yang diperlukan untuk waktu dan arah untuk shalat. Seperti biasa pada saat ini, tidak hanya ada informasi astronomi dalam pekerjaan, tetapi informasi juga astrologi pada horoskop. Al-Jayyani tampaknya memiliki banyak penghargaan untuk al-Khawarizmi 's data astronomi, yang bebas digunakan, tetapi ia menolak ide-ide al-Khawarizmi pada astrologi.Sebagian besar astrologi al-Jayyani adalah berdasarkan sumber-sumber Hindu.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews